Tentang Kami

BARIKADE merupakan akronim dari Bengkel Rekayasa Industri Skala Desa. Sebuah inisiasi kolaborasi kerja para rekayasawan, praktisi, dan masyarakat desa untuk membangun dan menumbuhkan industri di wilayah perdesaan.

Barikade mengkonsolidasikan pengelolaan pengetahuan, pertukaran pengalaman, dan kerja kreatif-kolektif untuk melahirkan teknologi tepat guna dan memutus ketergantungan teknologi besar (negara maju).

Barikade Desa Membangun merupakan langkah strategis untuk menumbuhkan industri dan sentra produksi di wilayah perdesaan secara mandiri dan mendayagunakan sumberdaya (manusia dan alam) yang ada di desa

Aktivitas Utama Barikade

  1. Berbagi semangat, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman tentang perancangan dan pemanfaatan teknologi tepat guna untuk menumbuhkan industri skala desa.
  2. Mengelola pusat sumberdaya (resource center) yang mempertemukan banyak pihak, seperti akademisi, rekayasawan, praktisi, pemerintah, wirausahawan, dan komunitas untuk membangun kolaborasi kerja yang kuat.
  3. Mendorong lahirnya inovasi dan kemandirian teknologi yang bermanfaat bagi rakyat Indonesia.
  4. Mendorong pengelolaan sumberdaya di wilayah perdesaan dengan dukungan pengetahuan, teknologi, dan prinsip tata kelola keberlanjutan.

Dewan Penggagas
Sutardjo Ps, Arief Setyabudi, Ahmad Iman

Dewan Pelaksana
Yossy Suparyo, Dodiet Prasetyo