Barikade Wujudkan Kemandirian Teknologi Lewat Platform Pengetahuan Terbuka

Bengkel Rekayasa Industri Skala Desa (Barikade) mengusung tradisi berbagi dan pengetahuan terbuka (open knowledge) untuk mewujudkan kemandirian teknologi.

Tradisi berbagi menciptakan metode belajar yang demokratis, tidak ada pihak yang monopoli klaim kebenaran karena proses belajar tercipta secara dialogis. Pengetahuan terbuka memungkinkan siapa saja dapat mengakses sumber belajar, mempelajari, menyebarluaskan, serta melengkapi kelemahan-kelemahan secara kolektif.

Untuk membangun tradisi berbagi, Barikade mempertemukan orang-orang yang memiliki perhatian pada dunia rekayasa dan engineering dalam ruang belajar bersama, sharing pengalaman, mengerjakan projek secara kolektif, dan mempublikasikan karya ilmiah. Strategi itu akan melahirkan tim kerja yang berkarakter terbuka (open mind), mampu bekerjasama, dan melahirkan inovasi teknologi.

 

Penulis: Yossy Suparyo

Warga Desa Gentasari, Kroya, Cilacap. Mendalami dunia rekayasawan sejak menempuh pendidikan di Jurusan Teknik Mesin-STMN Wates Kulonprogo. Lalu melanjutkan pendidikan di Jurusan Teknik Mesin-Universitas Negeri Yogyakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *