Alat Sterilisasi Susu Tanpa Proses Panas

image

Teknologi sederhana ini sangat dibutuhkan oleh para masyarakat perdesaan, terutama mereka yang membudidayakan ternak produsen susu, seperti kambing, kerbau, kuda, dan sapi.  Persoalan yang sering dihadapi peternak dalam mengolah produk susu berupa kerusakan produk akibat tidak memperhatikan faktor suhu dalam proses pengolahan.

Sebagian besar peternak melakukan sterilisasi produk susu dengan melakukan proses pemanasan. Namun, mereka tidak memiliki peralatan yang mampu mengukur suhu sehingga cara dapat membahayakan kualitas produk.

Secara kimia, susu yang dipanaskan hingga derajad suhu tertentu dapat menghasilkan reaksi kimia yang mengakibatkan kualitas produk tidak sesuai dengan standar mutu. Kerusakan produk susu biasanya akibat proses karamelisasi yang terjadi pada suhu yang terlalu panas.

Hal serupa terjadi pada proses pembuatan minyak kelapa, kegagalan pengaturan suhu dapat mengakibatkan reaksi ketengikan atau reaksi mailard yg menyebabkan cepat tengik.

Teknologi di atas membantu peternak untuk tidak risau dengan pengukuran suhu, karena alat sterilisasi susu tersebut bekerja tanpa pemanasan. Bahkan, alat ini dapat menambah keawetan dari susu. Khusus untuk susu kambing, alat sterilisasi susu ini dapat menghilangkan bau prengus tanpa mengurangi gizi dari susu kambing.

Alat sterilisasi susu ini dirancang oleh Hadi Apriliawan pemenang ajang Technopreneur Pemuda 2011 yang diselenggarakan oleh Kemenristek. Teknologi pasteurisasi dengan sistem non thermal yang dikembangkan Hadi menggunakan metode kejut listrik. Teknologi temuan Hadi Apriliawan itu tergolong cukup hemat energi karena hanya menggunakan daya sebesar 90 watt.

Penulis: Sutardjo Ps

Alumnus Institut Pertanian Bogor. Provokator di Gerakan Desa Membangun. Tim Ahli di Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi.

1 thought on “Alat Sterilisasi Susu Tanpa Proses Panas”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *